Preference

| Minggu, 20 Mei 2012
Sekarang yang akan kita pelajari adalah tentang preference.Apa itu?.Dalam bahasa inggris,preference digunakan apabila kita ingin mengatakan atau menyatakan 'lebih senang atau lebih menyukai' terhadap sesuatu.
Bingung?jangan bingung dulu dong...

Contoh gampangnya gini.Misalnya kita ingin mengatakan "aku lebih menyukai kopi dibanding susu"..atau bisa juga dengan bentuk pertanyaan seperti ini "mana sih yang lebih kamu sukai,berenang atau main komputer?".Nah..kalau teman-teman perhatikan contoh kalimat tersebut,pasti tahu apa sih atau bagaimana sih bentuk dari kalimat yang menggunakan preference seperti yang aku jelaskan diparagraf sebelumnya,ya kan?.Dalam bahasa inggris,kita akan mengenal to prefer,would rather.dan juga would prefer sebagai bentuk preference.Lalu bagaimana peraturan masing-masing preference tersebut dalam penggunaanya?seperti biasa..akan aku jelaskan didalam :)




A. To Prefer (lebih senang)
to prefer ini dibedakan ke dalam 3 bentuk penyusunannya yaitu:

1.Subject + Prefer + noun ( untuk maksud 'lebih senang' dalam wujud kata benda (noun))
2.Subject + prefer to + infinitive (untuk maksud 'lebih senang' dalam wujud kata kerja)
3.Subject + ING form + to + ING form

Contoh kalimat:
1.I prefer Chinese food ('lebih senang' dalam wujud benda (chinese food))
2.I prefer to watch TV ('lebih senang' dalam wujud kata kerja (watch TV))
3.I prefer singing to dancing (dalam bentuk ING form )

Tentu saja,kita bisa mengganti subject 'I' tersebut dengan subject lain seperti she,he,it,we,atau they,atau bisa juga dengan sebuah nama.Oh ya,apabila kita ingin menambahkan kata benda lain sebagai pembandingnya,maka kita hanya tinggal menambah 'to' diantara dua kata benda tersebut.to disini berarti 'daripada'. Contohnya? I prefer Chinese food to Japanese food, artinya 'aku lebih senang Chinese food daripada Japanese food'.

Nah..untuk bentuk kalimat tanya to prefer', dengan maksud bertanya 'mana yang lebih kamu senangi?',beberapa ccontoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

1.which do you prefer,Chinese food or Japanese food?

2.which do you prefer to watch,football or basketball?
3.which do you prefer,singing or dancing?

Apabila kita menggunakan she,it,he,atau dengan menggunakan sebuah nama untuk menggantikan 'you' seperti contoh diatas,maka 'do' otomatis harus kita ganti pula dengan 'does'.Contoh kalimat nya:
1.which does she prefer,Chinese food or Japanese?
2.which does Nenad prefer to watch,footbal or basketball?

Ok dech..karena dengan pertimbangan supaya lebih gampang memahaminya,pembahasan tentang would rather dan would prefer akan kita lanjutkan sesudah pembahasan to prefer ini.Nah..sebelum nanti kita nanti belajar bareng-bareng tentang 'would rather' dan 'would prefer',sebaiknya pelajari dulu dech yang satu ini,Ok ya teman-teman? semoga yang aku tuliskan ini akan bermanfaat. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲